Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tewas di Gaza 247 Orang Saat Israel Memulai Serangan Darat

Kompas.com - 18/07/2014, 08:08 WIB
GAZA CITY, KOMPAS.COM — Jumlah korban tewas di Gaza mencapai 247 orang pada Jumat (18/7/2014) dini hari saat Israel mulai melancarkan serangan darat pada hari ke-11 operasi besar-besaran untuk mengatasi serangan roket kaum militan.

Catatan kematian terakhir adalah untuk seorang perempuan di kota Rafah di selatan Gaza. Kematian perempuan itu membuat jumlah korban tewas hanya pada Jumat ini sudah tercatat enam orang, menurut juru bicara badan medis Palestina, Ashraf al-Qudra.

Sebelumnya, tembakan tank Israel telah menewaskan tiga orang dalam sejumlah insiden terpisah di Rafah, termasuk bayi berusia lima bulan, kata Qudra. Dia juga mengatakan, dua orang tewas dalam tembakan tank di Beit Hanun, Gaza utara.

Menurut sejumlah laporan yang diberikan Pusat Palestina untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Gaza, lebih dari 80 persen korban adalah warga sipil. Setidaknya 1.690 warga Palestina juga terluka.

Sejak operasi Israel dimulai sebelum fajar pada 8 Juli, setidaknya 1.150 roket yang telah ditembakkan dari Gaza telah menerjang Israel, dan 311 lainnya telah ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara Israel, Iron Dome, kata sejumlah tokoh militer. Sementara itu, di sisi Israel, seorang warga sipil tewas oleh serangan roket pada awal pekan ini, dan empat lainnya terluka parah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com