Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KBRI Belanda Telusuri Kemungkinan WNI di Malaysia Airlines #MH17

Kompas.com - 17/07/2014, 23:44 WIB
Hindra Liauw

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
— Duta Besar Indonesia untuk Belanda Retno Warsudin mengatakan, pihaknya sedang bergerak mencari informasi soal kemungkinan adanya warga negara Indonesia yang berada di pesawat Malaysia Airlines MH17 rute Amsterdam-Kuala Lumpur. Pesawat jenis Boeing 777 itu jatuh di sekitar wilayah Ukraina, Kamis (17/7/2014).

"Saat ini kami belum memperoleh informasi adanya WNI di MH17. Saya saat ini posisi menuju airport untuk berkoordinasi dengan Malaysia Airlines," kata Retno kepada Metro TV.

Kabar terbaru, pesawat itu diperkirakan jatuh di dekat perbatasan Rusia dan Ukraina. Diduga semua penumpang dan kru pesawat tewas.

Penasihat Menteri Dalam Negeri Ukraina, Anton Gerashchenko, lewat laman Facebook-nya menyatakan, semua orang di dalam pesawat itu tewas. "Sebuah pesawat sipil dalam perjalanan dari Amsterdam ke Kuala Lumpur baru saja ditembak jatuh oleh sistem anti-pesawat Buk.

"280 penumpang dan 15 awak tewas," tulis dia.

Perdana Menteri Ukraina Areseny Yatseniuk telah memerintahkan penyelidikan atas kecelakaan pesawat ini. Juru bicara Yatseniuk, Olga Lappo, menyebut insiden ini sebagai "bencana pesawat".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com