Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Komik Terbaru Marvel, Captain America Berkulit Hitam

Kompas.com - 17/07/2014, 22:16 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Bagi Anda penggemar komik-komik superhero, maka tidak asing lagi dengan sosok Captain America. Nah, Marvel Comics baru saja membuat pengumuman karakter Captain America terbaru akan diambil alih sosok pria berkulit hitam.

Secara "tradisional" sosok alter-ego Captain America adalah Steve Rodgers, seorang pria biasa yang mendapat kekuatan super setelah disuntik serum eksperimental. Kisah awalnya, Captain America kemudian ikut berperang melawan Nazi di Perang Dunia II.

Kini tokoh Captain America menjadi salah satu tokoh sentral film layar lebar Marvel bersama Iron Man, Thor, dan Hulk. Dia juga memiliki dua film tersendiri dan serial televisi.

Dalam komik terbarunya, dikisahkan Captain America kewalahan melawan musuh utamanya Iron Nail yang membuatnya kehabisan tenaga supernya sehingga dia kemudian berubah menjadi seorang pria tua yang lemah.

Dia lalu memberikan tameng bermotif bendera AS kepada Sam Wilson, yang dikenal sebagai Falcon. Dia memiliki pakaian bersayap dan memiliki kemampuan telepati dengan burung.

Tokoh Falcon ini muncul dalam film terbaru Captain America: The Winter Soldier, diperankan aktor Anthony Mackie.

Tokoh komik Falcon diciptakan pada 1969 dan merupakan salah satu superhero AS berkulit hitam pertama. Hingga 2014, tokoh superhero berkulit hitam masih sangat langka.

Rick Remender, pengarang seri komik Captain America terbaru mengatakan, dia menantikan reaksi atas tokoh baru untuk pahlawan klasik Amerika itu.

"Sam Wilson bukan tentara seperti Steve Rodgers dan itu sudah membuat perbedaan. Sam tidak akan tampil seperti Steve," kata Rick.

"Sam adalah pria modern dengan permasalahan abad ke-21. Dia adalah pekerja sosial sehingga dia sudah melihat yang terburuk dalam kehidupan masyarakat. Sehingga dia memiliki fokus dan empati yang lebih besar terhadap mereka yang tertindas, bahkan dibanding Steve Rodgers," tambah Rick.

Dalam kisah terbaru ini, Falcon akan dilatih oleh Captain America lama untuk menghadapi organisasi jahat, Hydra. Serial baru ini akan diberi judul "All-New Captain America" dan akan terbit pada musim gugur mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com