Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Roket Ditemukan di Sebuah Sekolah PBB di Gaza

Kompas.com - 17/07/2014, 21:53 WIB
JERUSALEM, KOMPAS.com — Badan PBB untuk urusan pengungsi Palestina (UNRWA), Kamis (17/7/2014), mengatakan, sedang melakukan penyelidikan setelah menemukan 20 buah roket yang disembunyikan di dalam sebuah sekolah PBB di Jalur Gaza.

UNRWA mengecam insiden itu sebagai sebuah "pelanggaran terang-terangan" hukum internasional.

"Kemarin (Rabu), dalam inspeksi rutin, UNRWA menemukan setidaknya 20 buah roket yang disembunyikan di sebuah sekolah PBB di jalur Gaza," demikian pernyataan UNRWA.

"UNRWA mengecam keras kelompok yang bertanggung jawab yang menempatkan persenjataan ini di salah satu instalasi kami," tambah pernyataan itu.

Lebih jauh, UNRWA mengatakan, ini adalah insiden penemuan senjata di bangunan sekolah yang pertama, tetapi organisasi ini menegaskan bahwa tindakan itu membahayakan warga sipil termasuk staf UNRWA.

Dalam pernyataan itu UNRWA mengatakan telah memberi informasi kepada "pihak terkait" dan sudah berhasil memindahkan benda-benda berbahaya tersebut.

Sebanyak 22.000 warga Gaza yang mengungsi menghindari serangan udara Israel berlindung di berbagai gedung sekolah yang dikelola PBB. Namun, sekolah tempat ditemukannya roket-roket itu tidak digunakan untuk mengungsi.

Israel sebelumnya pernah menuding Hamas dan kelompok-kelompok militan lain di Jalur Gaza menggunakan fasilitas sipil untuk menyimpan dan meluncurkan roket, termasuk roket-roket yang diluncurkan sebelum dan sepanjang konflik bersenjata dengan Israel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com