Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senat Australia Hapuskan Pajak Karbon

Kompas.com - 17/07/2014, 19:50 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com — Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengatakan telah memenuhi janji yang disampaikannya sebelum pemilu setelah hasil voting Majelis Tinggi  Parlemen Australia atau Senat berujung pada dihapuskannya pajak karbon.

Pemungutan suara untuk menentukan pembatalan pajak karbon telah dimenangkan partai koalisi dengan suara 39 mendukung dan 32 menentang di Majelis Tinggi Parlemen pada hari Kamis (17/7/2014).

Selama beberapa tahun belakangan ini, PM Abbott sudah berkampanye untuk menghapus pajak karbon yang dia pandang sebagai racun untuk warga Australia.

PM Abbott menyatakan bahwa setiap rumah tangga akan diuntungkan sebanyak rata-rata 550 dollar atau sekitar Rp 5,5 juta per tahunnya dengan turunnya harga gas sebanyak 7 persen dan listrik sebanyak 9 persen.

“Kalian sudah memilih untuk menghapuskan pajak itu semenjak September tahun lalu, dan hari ini akhirnya parlemen mendengarkan suara Anda,” kata Abbott.

“Hari ini pajak yang kalian minta untuk dihapuskan sudah hilang. Pajak yang tidak berguna dan merugikan banyak pekerjaan, biaya hidup keluarga, dan lebih buruknya lagi memiliki dampak kecil untuk lingkungan,” tambah Abbott.

Akan tetapi debat mengenai topik ini dianggap akan terus berjalan. Pada Kamis pagi, Partai Buruh untuk pertama kalinya mengonfirmasi bahwa mereka akan membawa skema untuk kebijakan pengaturan emisi pada Pemilu 2016.

Pemimpin Partai Buruh Bill Shorten menganggap kebijakan pemerintahan yang saat ini skeptis terhadap lingkungan. “Kami percaya bahwa untuk dapat mengambil langkah jangka panjang yang efektif untuk perubahan iklim, skema pangaturan emisi adalah jalan yang terbaik,” katanya.

Partai Hijau juga telah berjanji untuk membawa undang-undang yang kuat untuk menghadapi perubahan lingkungan. Ketua Partai Hijau Christine Milne mengatakan bahwa hari ini adalah hari yang tragis dan keputusan senat telah membuatnya putus asa.

Menteri Pertanian Barnaby Joyce, yang dulu pernah mengingatkan dampak pajak karbon yang dapat menyebabkan harga daging domba naik hingga 100 dollar, mengatakan bahwa keputusan senat adalah hari kemenangan untuk rumah tangga di Australia. “Kami, partai koalisi harus bisa menjadi juara di bidang energi yang harganya terjangkau,” katanya.

Sementara itu, senator dari Palmer United Jacquie Lambie merayakan penghapusan pajak ini dan meminta agar pajak tambang juga segera dihapuskan.

“Kami rasa kami sudah menunjukkan dengan cukup jelas ketika kami maju untuk pemilu yang lalu bahwa hal ini adalah salah satu hal yang kami janjikan kepada rakyat Australia, dan untungnya semua berjalan dengan baik.”

“Kami juga ingin agar MRRT (pajak tambang) juga akan dihapuskan secepatnya, kami masih memiliki satu tugas lagi.”

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com