Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Topan Rammasun Hantam Filipina, 38 Tewas

Kompas.com - 17/07/2014, 19:18 WIB

MANILA, KOMPAS.com — Topan kuat yang melanda Filipina tengah sejauh ini telah menewaskan 38 orang dan menyebabkan jutaan orang kehilangan listrik. Sepuluh orang lagi cedera karena topan Rammasun, delapan orang lainnya masih dinyatakan hilang, kata para pejabat.

Badai terjadi di seluruh negeri pada Selasa (15/7/2014) malam sebelum bergerak dari Manila pada hari Rabu.

Sementara itu, lebih dari 530.000 orang berlindung di pusat pengungsian. Sebagian besar dari korban, tewas, karena pohon tumbang dan puing yang beterbangan saat berada di luar ruangan.

Jutaan orang yang tinggal di pedesaan di tenggara Ibu Kota masih mengalami mati listrik, menurut sejumlah kantor berita. Para pejabat berhasil menghidupkan kembali listrik di setengah wilayah Luzon yang dihuni 17 juta orang.

Sebagian besar wilayah timur Bicol, yang pertama kali dilanda badai dan ditempati lima juta orang, juga mengalami mati listrik. Manila juga mengalami mati listrik, tetapi sebagian besar listrik telah hidup kembali.

Topan sekarang bergerak ke barat menuju pulau Hainan, China. Situs internet Risiko Badai Tropis memperkirakan topan akan menguat kembali menjadi kategori 2, satu tingkat di bawah kekuatannya di Filipina, dalam waktu 24 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com