Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seekor Hiu Putih Mati Tersedak Singa Laut

Kompas.com - 17/07/2014, 16:49 WIB

PERTH, KOMPAS.com — Seekor ikan hiu putih yang terdampar di Pantai Australia Barat kemungkinan mati karena tersedak seekor singa laut. Demikian hasil penyelidikan mengenai penyebab kematian hewan buas tersebut.

Awal pekan ini, seekor ikan hiu putih yang panjangnya kira-kira empat meter itu terlihat di perairan yang dangkal, Coronation Beach, di utara Geraldton, yang jaraknya sekitar 430 km dari ibu kota negara bagian Australia Barat, Perth.

Bangkainya, yang dipasangi sebuah tag akustik, terdampar di pantai yang sama pada hari Selasa. Departemen Perikanan mengatakan, tim periset tidak mendapati tanda-tanda luka atau penyakit pada ikan hiu itu. Namun, seekor singa laut Australia yang besar nyangkut di dalam tenggorokannya.

Ketua tim periset Departemen Perikanan, Dr Rory McAuley, mengatakan, ikan hiu itu mungkin berada di perairan itu untuk mencoba mengeluarkan apa yang tersangkut di tenggorokannya.

"Itulah mengapa ikan hiu itu menunjukkan perilaku yang aneh di perairan yang dangkal di lepas Coronation Beach," kata Dr McAuley.

"Benda sebesar itu mungkin merusak organ dalam ikan hiu itu atau menghalangi air masuk ke insangnya sehingga menyebabkan kematian," ujar dia.

"Kalau tidak, ikan hiu itu mungkin tidak sengaja terdampar ketika berusaha mengeluarkan ganjalan di tenggorokannya," lanjut McAuley.

Departemen Perikanan juga menyatakan, ikan hiu itu dipasangi tag di Australia Selatan pada bulan Januari tahun ini.

Dr McAuley mengatakan, sampel jaringan dan tulang belakang diambil untuk studi genetik, umur dan pertumbuhan, ekologi, dan populasi pada masa depan.

"Informasi ini akan berguna untuk meningkatkan pemahaman kita tentang ikan hiu putih," katanya.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com