Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Truk Hantam Sebuah Pasar di Afganistan, 25 Tewas

Kompas.com - 15/07/2014, 19:52 WIB
KABUL, KOMPAS.com - Seorang pelaku bom bunuh diri yang mengendarai sebuah truk berisi bahan peledak menghantam sebuah pasar di kota Urgun, Provinsi Paktika, Afganistan menewaskan sedikitnya 25 orang.

"Dari laporan awal yang kami peroleh 25 orang, sebagian besar warga sipil, tewas dan sekitar 50 orang lainnya terluka," kata kepala distrik Urgun, Mohammad Razaq Kharoty.

"Kami belum mengetahui sasaran bom ini namun ledakannya sangat kuat," tambah Kharoty sambil menambahkan ledakan itu menghancurkan puluhan toko dan rumah.

Sejauh ini belum ada satu kelompokpun yang mengaku bertanggung jawab atas ledakan bom bunuh diri itu namun praktik bom bunuh diri biasa digunakan Taliban.

Serangan ini terjadi setelah sebuah bom yang dikendalikan dari jarak jauh meledakkan sebuah bus yang mengangkut staf istana presiden Afganistan menewaskan dua orang dan melukai lima orang lainnya.

Menurut data PBB yang dirilis pekan lalu, jumlah warga sipil yang tewas atau terluka dalam paruh pertama 2014 mencapai 4.853 orang atau meningkat 24 persen dari periode sama tahun lalu.

Baku tembak kini mengakibatkan korban tewas lebih banyak ketimbang bom rakitan dalam sebuah perkembangan mengkhawatirkan terkait konflik bersenjata yang meluas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com