Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Akan Perluas Operasi Militer jika Hamas Tolak Gencatan Senjata

Kompas.com - 15/07/2014, 17:17 WIB
JERUSALEM, KOMPAS.com — Pemerintah Israel, Selasa (15/7/2014), mengatakan akan memperluas operasi militernya di Jalur Gaza jika Hamas menolak rencana gencatan senjata yang diajukan Mesir.

"Jika Hamas tidak menerima proposal gencatan senjata, dan itu yang nampaknya terjadi, Israel akan mendapatkan legitimasi untuk memperluas aktivitas militer di Gaza untuk mencapai tujuan kami," kata PM Israel Benyamin Netanyahu dalam jumpa pers bersama Menlu Jerman Frank-Walter Steinmeier.

Pernyataan Netanyahu ini dikeluarkan hanya beberapa jam setelah kabinet Israel menerima proposal perdamaian yang diusulkan Mesir. Namun, usulan Mesir itu ditolak Hamas. Lebih lanjut Netanyahu mengatakan, Israel ingin melihat demiliterisasi di Jalur Gaza.

"Kami merespons positif proposal Mesir untuk memberikan kesempatan kesepakatan demiliterisasi Gaza dari misil, roket, dan terowongan," tambah Netanyahu.

Namun, sayap militer Hamas Brigade Ezzedine al-Qassam menyatakan telah menembakkan delapan roket ke kota pelabuhan Israel, Ashdod, pada kira-kira pukul 13.00 WIB.

Kepolisian Israel membenarkan serangan itu sambil menambahkan bahwa satu roket mendarat di halaman sebuah rumah di kota berpenduduk 212.000 jiwa itu.

"Karena kami tidak dilibatkan dalan konsultasi inisiatif gencatan senjata ini, maka kami tak memiliki kewajiban untuk mematuhinya," demikian pernyataan Hamas yang diperoleh AFP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com