Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Wisata Malaysia Diserang, 1 Polisi Tewas

Kompas.com - 14/07/2014, 18:41 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Kepolisian Malaysia, Senin (14/7/2014), melakukan pengejaran besar-besaran untuk melacak kelompok bersenjata yang menembaki kawasan wisata Pulau Mabul, negara bagian Sabah.

Pada Sabtu (12/7/2014) malam, sekelompok orang bersenjata berat menembaki pulau wisata itu, serta menewaskan seorang polisi dan seorang lainnya diculik.

"Pengejaran besar-besaran sedang dilakukan untuk melacak para penjahat yang datang dari negeri tetangga," kata Kepala Keamanan Sabah Abdul Rashid Harun.

Seorang pejabat Pemerintah Malaysia yang tak mau disebutkan namanya mengatakan, negeri tetangga yang dimaksud adalah kepulauan Sulu di Filipina.

Abdul Rashid mengatakan, sebuah pos polisi di Pulau Mabul disergap oleh sedikitnya delapan orang penyerang yang mengenakan topeng, kaus hitam, dan celana loreng militer.

"Para penyerang menembak mati seorang polisi berusia 32 tahun dan menculik seorang polisi lainnya. Mereka kabur menggunakan kapal ke perairan negara tetangga," ujar Abdul Rashid.

Sementara itu, Wakil Presiden Asosiasi Agen Perjalanan Malaysia Tan Kok Liang mengatakan, serangan tersebut merupakan tantangan berat bagi keamanan Malaysia.

"Saya mendesak pemerintah untuk melakukan langkah tegas untuk meningkatkan keamanan. Serangan semacam ini merupakan tantangan bagi keamanan negara dan akan merugikan bisnis yang terkait wisata," ujar Abdul Rashid.

Lebih lanjut Tan menjelaskan bahwa jumlah wisatawan yang berkunjung ke Malaysia berkurang 10 persen pada kuartal kedua tahun ini dibanding tiga bulan pertama tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com