Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Klaim Tembak Jatuh "Drone" Milik Hamas

Kompas.com - 14/07/2014, 18:03 WIB
JERUSALEM, KOMPAS.com - Militer Israel, Senin (14/7/2014), mengklaim telah menembak jatuh sebuah pesawat terbang tanpa awak alias drone di pesisir selatan negeri itu.

Ini adalah kali pertama militer Israel menghadapi sebuah drone sejak operasi militer "Protective Edge" digelar pekan lalu untuk menghentikan penembakan roket dari Jalur Gaza.

Drone itu diterbangkan dari Jalur Gaza dan ditembak jatuh saat melintas di kota Ashdod. Kelompok Hamas mengklaim telah meluncurkan sejumlah drone ke wilayah Israel namun tidak memberi penjelasan lebih rinci.

Penggunaan drone dengan kemampuan ofensif sangat berpotensi untuk mengubah jalannya konflik, setelah sejumlah roket yang diluncurkan dari Jalur Gaza dirontokkan sistem pertahanan Iron Dome milik Israel.

"Hamas melakukan apapun untuk mendapatkan hasil oleh sebab itu sangat penting bagi kami untuk menjaga kewaspadaan di level tertinggi," kata Menter Pertahanan Israel, Moshe Yaalon.

"Ditembaknya drone Hamas pagi ini merupakan contoh upaya mereka (Hamas) untuk menyerang kami dengan berbagai cara," tambah Yaalon.

Sejak operasi militer terhadap Jalur Gaza digelar pekan lalu, militer Israel sudah menembakkan lebih dari 1.300 serangan udara sedangkan Hamas sudah melepaskan lebih dari 1.000 roket ke wilayah Israel.

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan sejauh ini 172 orang tewas, sebagian besar adalah warga sipil. Sedangkan sejauh ini belum jatuh korban tewas di pihak Israel, meski beberapa orang terluka akibat tembakan roket Gaza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com