Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Peringatkan Warga Palestina Evakuasi dari Gaza Utara

Kompas.com - 13/07/2014, 09:04 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com - Militer Israel memperingatkan rakyat Palestina di Jalur Gaza utara untuk meninggalkan rumah mereka. Seruan ini disampaikan demi keselamatan warga di wilayah tersebut.

"Malam ini kita akan mengirim pesan kepada warga Gaza utara mendesak mereka untuk meninggalkan rumah mereka demi keselamatan mereka sendiri. Saat ini tidak aman berada di dekat Hamas," bunyi pernyataan militer Israel, Sabtu (12/7/2014) malam waktu setempat.

Peringatan itu disampaikan di saat Israel terus menggelar serangan udara di wilayah tersebut setelah rentetan roket ditembakkan ke Tel Aviv. Setidaknya 16 orang tewas dalam serangan Sabtu malam, termasuk 15 orang di lingkungan Kota Gaza Tuffah.

Kemarin, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendesak Israel dan kelompok Hamas untuk mengakhiri pertikaian mereka di Gaza. PBB juga meminta kedua pihak menghormati aturan-aturan hukum kemanusiaan internasional serta menghentikan aksi-aksi yang bisa menghilangkan nyawa para korban.

Dalam deklarasi yang dicapai dengan suara bulat, 15 negara anggota Dewan Keamanan PBB  mengimbau pihak-pihak terkait untuk kembali pada masa tenang setelah gencatan senjata November 2012. Dewan Keamanan PBB merasa sangat khawatir terhadap perlindungan dan kesejahteraan warga sipil di kedua belah pihak.

Dewan Keamanan PBB juga mengimbau Israel dan Palestina kembali berunding untuk mencapai perjanjian perdamaian yang menyeluruh berdasarkan penyelesaian masalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP/ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com