Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Kecam AS yang Tak Bereaksi Atas Serangan Israel ke Gaza

Kompas.com - 12/07/2014, 23:09 WIB
TEHERAN, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif, Sabtu (12/7/2014), menyerukan penghentian segera serangan udara Israel terhadap Jalur Gaza yang sudah menewaskan ratusan orang itu.

Selain itu, Javad Zarif juga mengecam AS karena tidak berbuat apapun untuk mencegah aksi kekerasan yang dilakukan sekutu utamanya di Timur Tengah tersebut.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi AS, NBC yang akan disiarkan pada Minggu (13/7/2014), Javad Zarif juga mendesak Washington agar menggunakan PBB untuk menghentikan serangan Israel.

"Sangat meneydihkan melihat terbunuhnya banyak orang," ujar Javad Zarif yang diwawancarai di Vienna, Austria itu.

"Hampir seratus orang tewas dan lebih dari 500 orang terluka di Gaza dan Amerika Serikat tidak memgambil tindakan apapun," lanjut
Zarif.

Javad Zarif menambahkan, banyak pihak mengetahui bahwa persenjataan yang digunakan Israel untuk menyerang Gaza adalah buatan AS.

"Namun kami tak melihat AS mengecam serangan itu atau menggunakan Dewan Keamanan untuk menghentikan serangan AS," ujar Zarif.

Zarif melanjutkan, dalam pandangan Iran tindakan Israel terhadap Gaza sangat membahayakan kehidupan warga sipil di wilayah Palestina itu.

"Sehingga, para anggota Dewan Keamanan PBB memiliki tanggung jawab moral dan legal untuk melakukan intervensi," tambah Zarif.

Setelah memasuki hari kelima, serangan udara Israel telah menewaskan 127 orang. Israel mengklaim serangan udara itu adalah upaya untuk menghentikan serangkaian serangan roket dari Gaza ke wilayah negeri itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com