Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Mesir, Prabowo-Hatta Menang

Kompas.com - 10/07/2014, 17:52 WIB
KOMPAS.com - Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto dan Hatta Radjasa menang telak pada pemilihan umum presiden (pilpres) di Mesir. Pasangan bernomor urut satu itu, sebagaimana laporan wartawan Harian Kompas Musthafa Abd Rahman, Kamis (10/7/2014) dari Kairo, Mesir, meraih 1809 suara. Angka ini setara dengan 70,2 persen dari total 2.577 pemilih yang menggunakan hak suaranya.

Sementara itu, pasangan nomor urut dua, Joko Widodo-Jusuf Kalla, meraih 710 suara. Angka ini setara dengan raihan 27,6 persen. Suara tidak sah tercatat 58 suara atau 2,3 persen.

Penghitungan suara pada pilpres di Mesir mulai pukul 16.00 hingga  pukul 22.30 waktu setempat. Keputusan melakukan penghitungan suara mulai sore hari hingga malam hari itu, karena cuaca musim panas yang bisa mencapai 40 derajat Celcius dan juga suasana bulan puasa.  

Ketua PPLN di Mesir, Muhammad Saifuddin mengungkapkan, proses penghitungan suara di kompleks gedung KBRI Kairo berjalan lancar dan tenang.  Ia mengatakan, saksi dari dua timses mengawal sejak awal proses penghitungan suara itu.

Menurut dia, sebagian besar WNI di Mesir yang sudah mengetahui hasil pilpres di tanah air sangat membantu berandil terciptanya suasana tenang dan aman pada saat proses penghitungan suara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com