Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pemimpin Israel dan Palestina Sama-sama Kekanak-kanakan"

Kompas.com - 10/07/2014, 01:53 WIB

JOHANNESBURG, KOMPAS.com - Pemenang Nobel Perdamaian Desmond Tutu mengecam para pemimpin Israel dan Palestina yang menurut dia bertindak kekanak-kanakan, ketika saling menyalahkan atas konflik berdarah terbaru di Jalur Gaza.

"Sekali lagi orang-orang Israel dan Palestina yang terlibat dalam adu kekerasan mematikan tit-for-tat yang tidak akan pernah ada pemenang, hanya merugi," kata pemuka agama Afrika Selatan dalam sebuah pernyataan, Rabu (9/7/2014).

"Seperti anak-anak yang bermain dust-up, para pemimpin politik dan agama (di Israel dan Palestina) saling menjatuhkan, bukan untuk berdamai, melainkan untuk menyatakan 'Itu bukan kami, mereka yang memulainya'," lanjut kecaman Tutu.

Pesawat tempur Israel, Rabu, kembali membombardir Jalur Gaza dan menewaskan puluhan warga Palestina. Sebaliknya, kelompok Hamas membalas serangan tersebut dengan lontaran roket ke wilayah Israel.

"Dunia ingin melihat Israel dan Palestina menjadi lebih dewasa daripada saat ini, untuk mengambil sebuah tindakan, sebelum ada lebih banyak anak-anak yang terluka," kata Tutu.

Uskup emeritus Anglican Tutu (82), masih dianggap sebagai pilar moral di Afrika Selatan, termasuk untuk mendorong perdamaian di negara itu maupun dunia. Dia sudah sejak lama mengkritisi konflik panjang Israel-Palestina ini, dari sudut pandang religius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com