Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Akan Selesaikan Tuduhan Mata-mata Jerman

Kompas.com - 08/07/2014, 08:28 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com — Amerika Serikat mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan Jerman untuk menyudahi keprihatinan soal apakah seorang staf intelijen Jerman merupakan agen ganda bagi Washington, tetapi tidak bersedia menyatakan apakah tuduhan itu benar.

Juru bicara Gedung Putih Josh Earnest mengatakan, hubungan dengan Berlin luas dan penting, tetapi ia tidak dapat bicara tentang soal inteljen itu.

Ketika berkunjung ke Beijing, Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan, tuduhan mata-mata itu “serius” dan jika benar akan melanggar kepercayaan antara Jerman dan Amerika.

Pernyataan itu menandai pernyataan pertama kepada publik terkait penangkapan seorang laki-laki berusia 31 tahun pekan lalu karena diduga menjadi agen ganda. Ketika diinterogasi, pihak berwenang mengatakan, laki-laki itu mengatakan telah bekerja bagi Amerika selama dua tahun.

Pihak berwenang Jerman menggambarkan tersangka itu sebagai staf tingkat rendah di badan intelijen asing di Berlin. Ia ditangkap setelah sebelumnya dituduh sebagai penulis sebuah e-mail yang menawarkan untuk menjual dokumen-dokumen rahasia kepada Rusia.

Laki-laki itu diyakini telah mengkopi lebih dari 200 dokumen intelijen Jerman dan menjualnya ke Amerika seharga 34.000 dollar AS.

Kasus itu berisiko meningkatkan ketegangan antara kedua sekutu, setelah terungkapnya tindakan mata-mata yang luas terhadap Jerman tahun lalu, yang dilakukan oleh Badan Keamanan Nasional Amerika NSA, termasuk penyadapan telepon seluler Kanselir Angela Merkel.

Pengintaian merupakan isu sensitif di Jerman di mana ada kenangan buruk tindakan mata-mata yang dilakukan oleh polisi rahasia Nazi “Gestapo” dan komunis Jerman Timur “Stasi”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com