Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelompok Pro-Papua Merdeka Unjuk Rasa di KJRI Darwin

Kompas.com - 07/07/2014, 16:49 WIB

DARWIN, KOMPAS.com - Terlihat pemandangan berbeda saat warga Indonesia memberikan suaranya pada Pilpres 2014 di kota Darwin, Australia, Senin (6/7/2014). Segelintir pendukung Papua Merdeka menggelar demonstrasi di luar kantor Konsulat Indonesia, tempat pemungutan suara dilakukan.

Para demonstran dari Kelompok Free West Papua di wilayah Northern Territory, menyatakan aksi mereka sebagai bentuk dukungan bagi perjuangan rakyat Papua yang ingin merdeka dari Indonesia setelah 51 tahun.

Mereka mengklaim laporan bahwa militer Indonesia mengancam rakyat Papua yang memboikot Pilpres. "Rinciannya sejauh ini sudah empat orang terbunuh dan 42 lainnya ditangkap," demikian kata seorang demonstran, Cindy Watson.

Juru bicara kelompok ini, Rob Wesley-Smith, mengatakan aspirasi para demonstran perlu diangkat. "Mereka yang memilih hari ini, harus mengingat mengenai apa yang terjadi di Papua dan peranan yang dimainkan salah seorang kandidat, Prabowo," kata Wesley-Smith.

Ia menambahkan, tidak satu pun kandidat presiden Indonesia yang akan mewujudkan pemerintahan sendiri di wilayah Papua. "Nasib Papua seperti Timor Timur," jelasnya lagi.

Sementara itu, Ketua penyelenggara Pilpres pada KJRI Darwin, Ferdi Mauboy, menolak tudingan kelompok pendukung kemerdekaan Papua itu.

"Belajarlah untuk menerima bahwa Indonesia adalah Papua, dan Papua adalah bagian dari Indonesia," katanya.

Para pemilih tidak terganggu dengan adanya aksi demo tersebut. Para demonstran juga menyatakan mereka tidak bermaksud mempengaruhi pilihan para pemilih dan sama sekali tidak mempersalahkan rakyat Indonesia dalam isu Papua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com