Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WNi di Auckland Sangat Antusias, Surat Suara Sampai Kurang

Kompas.com - 06/07/2014, 18:53 WIB
Nina Susilo

Penulis


AUCKLAND, KOMPAS.com
- Warga Negara Indonesia yang tinggal di Auckland, Selandia Baru, sangat antusias mengikuti pemilihan umum presiden yang digelar pada Minggu (6/7/2014). Bahkan, saking antusiasnya, beberapa orang belum bisa menggunakan suara karena surat suara kurang.

Ratusan warga Indonesia berdatangan Victoria Park Market, Auckland, pada Minggu sore waktu setempat untuk memberikan suara. Mereka memasukkan surat suara untuk Pemilu Presiden 2014 ke dropbox yang disiapkan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Wellington.

Puluhan warga yang belum terdaftar pun ikut mengantre untuk menggunakan hak pilih. Antrean langsung mengular. Sekitar 40-50 orang berusaha mendapatkan surat suara kendati belum tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap.

Surat suara cadangan yang dibawa PPLN terbatas, hanya 34 lembar. Karenanya, tak kurang 20 warga hanya bisa mencatatkan nama dan alamatnya.

"Kami akan mengecek, bila masih ada surat suara cadangan tersisa dari seluruh Selandia Baru, kami bisa mengirimkan surat suara kepada warga yang mendaftar," tutur PPLN Wellington Budi Putra.

Di Selandia Baru, pemilih yang tercatat dalam DPT sebanyak 3.327 orang. Karenanya, jumlah surat suara cadangan sebanyak 2 persen hanya berkisar 66 lembar. Surat suara baru akan dihitung setelah tanggal 9 Juli 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com