Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman Panggil Dubes AS Terkait Dugaan Aktivitas Mata-mata Terbaru

Kompas.com - 06/07/2014, 10:39 WIB
BERLIN, KOMPAS.COM - Sejumlah jaksa Jerman pekan lalu memerintahkan penangkapan seorang warga negara itu karena dicurigai telah menjadi mata-mata untuk badan-badan intelijen asing.

Sehari kemudian, pada Jumat, kantor kementerian luar negeri Jerman memanggil duta besar AS untuk membahas hal itu. Menteri Luar Negeri Jerman Stephan Steinlein "meminta duta besar AS berpartisipasi dalam pemecahan yang cepat" kasus mata-mata itu, kata kantor kementerian luar negeri Jerman dalam sebuah pernyataan.

Kejaksaan dan kantor kementerian luar negeri Jerman merilis informasi langka. Sejumlah pejabat negara itu telah berbicara secara rinci dengan wartawan Jerman, yang menerbitkan banyak laporan tentang tuduhan mata-mata baru AS di negara itu.

Laporan-laporan itu kembali memicu kemarahan publik terhadap pemerintah AS.

Tersangka, seorang karyawan intelijen Jerman, diduga telah mencuri dokumen pemerintah, menurut sejumlah laporan media Jerman. Informasi yang dicuri mencakup berkas-berkas yang diambil dari komite khusus parlemen Jerman untuk mengatasi masalah mata-mata oleh National Security Agency (NSA). Menurut laporan-laporan itu, karyawan tersebut diduga telah menjual informasi itu kepada perwakilan intelijen AS seharga ribuan dolar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com