Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Dunia Pikat Pemberontak Kolombia

Kompas.com - 05/07/2014, 22:11 WIB
KOMPAS.com - Tuah sukses Tim Nasional Kolombia menembus perempat final Piala Dunia 2014 bak berkat bagi seluruh bagian negara itu. Pasalnya, tulis Bloomberg pada Sabtu (5/7/2014) kelompok pemberontak beraliran Marxis ikut-ikutan terpikat. Mereka turun gunung dan keluar dari hutan. Agenda mereka cuma satu, menonton pertandingan sepak bola.

Adalah Kementerian Pertahanan Kolombia yang berinisiatif memancing para pemberontak. Dalam pesan yang disiarkan melalui media-media televisi, pemerintah Kolombia mengajak para pemberontak tak melewatkan kesempatan mahabesar di dunia ini. "Kolombia menyiapkan kursi bagi Anda bebas menyaksikan pertandingan sepak bola,"bujuk pemerintah melalui pesan tersebut.

Alhasil, ajakan simpatik itu pun bak gayung bersambut. Pemerintah mencatat pasukan pemberontak FARC dan Tentara Pembebasan Nasional Kolombia (ELN) banyak yang berbaur dengan masyarakat setempat, menonton pertandingan sepak bola. Mereka ikut bergembira menyaksikan pertandingan sepak bola bersama-sama.

Kedua kelompok pemberontak itu sudah berseteru dengan pemerintah Kolombia sejak 1960. Mereka menuntut pemerintahan komunis seperti halnya Kuba di negara Kolombia.

Uniknya, tak ada catatan baku tembak antara kedua pihak itu saat Piala Dunia berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com