Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Terjemahkan Bahasa Isyarat Simpanse

Kompas.com - 04/07/2014, 21:14 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Sejumlah ilmuwan mengatakan, mereka telah menerjemahkan gerakan tubuh yang biasa dilakukan simpanse liar untuk berkomunikasi. Mereka mengatakan, simpanse liar berkomunikasi dengan 19 pesan spesifik kepada sesamanya dengan menggunakan 66 gerakan.

Para peneliti mengungkap ini dengan mengikuti dan merekam komunitas simpanse di Uganda, dan memperhatikan lebih dari 5.000 perilaku dalam komunikasi ini. Hasil riset tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Current Biology.

Dr Catherine Hobaiter, yang memimpin penelitian, mengatakan bahwa ini adalah dokumentasi pertama dari bentuk komunikasi yang disengaja di dunia hewan. Hanya manusia dan simpanse, kata Catherine, yang memiliki sistem komunikasi bahwa mereka bisa dengan sengaja mengirim pesan ke individu lain.

"Inilah yang sangat luar biasa dari bahasa tubuh simpanse. Mereka satu-satunya yang mirip dengan bahasa manusia," papar Catherine kepada BBC News.

Meski penelitian sebelumnya mengungkap bahwa simpanse dan monyet bisa mengerti informasi kompleks dari binatang lain, hewan-hewan itu tidak tampak secara sengaja menggunakan suara mereka untuk mengomunikasikan pesan.

"Ini adalah perbedaan inti antara komunikasi yang disengaja dan isyarat tubuh," tambah Catherine.

"Bentuknya mungkin seperti ketika Anda mengangkat cangkir kopi panas dan Anda berteriak karena kaget, lalu meniup jari Anda," kata dia.

"Saya mengerti dari isyarat itu bahwa kopi tersebut panas, tetapi Anda tidak secara khusus ingin mengomunikasikan hal itu dengan saya."

Beberapa gerakan simpanse, menurut peneliti, sangat jelas digunakan secara konsisten untuk menyampaikan satu makna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com