Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WN Inggris Akan Pulang dari Suriah Saat Bendera ISIS Berkibar di Istana Buckingham

Kompas.com - 04/07/2014, 21:06 WIB
LONDON, KOMPAS.com — Seorang warga Inggris yang mengaku sedang bertempur di Suriah kepada Radio BBC5 mengatakan, dia tak akan pulang ke Inggris sebelum bendera ISIS berkibar di atas Downing Street dan Istana Buckingham.

Downing Street adalah kantor perdana menteri Inggris, sementara Istana Buckingham adalah kediaman Ratu Elizabeth II.

Pria yang diwawancarai Radio BBC5 itu adalah Aseel Muthana, yang tengah bertempur di Irak. Adiknya, Nasser, beberapa waktu lalu muncul dalam video propaganda ISIS bersama dua warga Inggris lainnya.

Aseel Muthana yang menyebut dirinya sendiri dengan nama Abu Osama mengatakan, dia bertempur di Suriah untuk mendirikan Kekhalifahan Islam.

"Saya tak berniat kembali ke Inggris karena saya di sini (Suriah) untuk mendirikan Kekhalifahan Islam. Tak ada apa pun di Inggris, di sana hanya ada setan," kata Aseel kepada Nicky Campbell, penyiar Radio BBC5.

"Saya akan kembali ke Inggris ketika khalifah Islam menaklukkan Inggris dan saya datang untuk mengibarkan bendera khalifah di atas Downing Street, Istana Buckingham, Tower Bridge, dan Big Ben," tambah dia.

Lebih lanjut, pria ini mengatakan bahwa awalnya dia mendapat tentangan dari keluarganya saat memutuskan untuk ikut bertempur di Suriah.

"Awalnya sulit untuk orangtua saya menerima ini semua karena tak ada ibu yang mau kehilangan putranya. Namun, saya mengirimi mereka foto dan saya berbicara dengan mereka terkait situasi di sini. Kini mereka memahami tujuan baik yang saya jalani," tambah dia.

Pada saat yang sama, sekitar 100 ulama Inggris menuliskan surat terbuka yang mengimbau agar para pemuda Muslim Inggris tidak terpikat dengan propaganda ISIS dan berangkat bertempur ke Suriah atau Irak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com