Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MA Canberra Dukung Pembangunan Masjid yang Ditentang Warga

Kompas.com - 04/07/2014, 17:00 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com - Mahkamah Agung di negara bagian Daerah Ibu Kota Australia (ACT),  mendukung pembangunan sebuah masjid di Gungahlin, Canberra yang sebelumnya ditentang sebagian kelompok masyarakat, meski telah disetujui pemerintah setempat.

Kelompok masyarakat yang menyebut dirinya 'The Concerned Citizens of Canberra' atau 'Warga Canberra yang Prihatin' menentang rencana pembangunan masjid tersebut selama dua tahun.

Padahal rencana pembangunan masjid yang berlokasi di Valley Avenue mendapat persetujuan dari pihak berwenang pada bulan Agustus 2012.

Kelompok ini memenangkan hak untuk membawa kasus ini ke Mahkamah Agung tahun lalu, setelah keberatan awal selama proses konsultasi perencanaan gagal. Kelompok ini berargumen bahwa pembangunan masjid tidak memenuhi panduan perencanaan di area yang diajukan.

Perhatian yang muncul adalah masalah parkir, transportasi dan pemakaman, yang menurut kelompok ini tidak memenuhi aturan. Masalah lain yang mendapat perhatian adalah imbas sosial masjid di daerah tersebut, termasuk meningkatnya kebisingan.

Namun Selasa (1/7/2014), hakim David Mossop membatalkan pengajuan tersebut dan mengenakan biaya kepada kelompok yang mengajukan gugatan. Di luar pengadilan, anggota komunitas Muslim Canberra menyambut baik putusan tersebut.

Sementara itu, kelompok 'The Concerned Citizens' masih menimbang-nimbang kemungkinan mengajukan banding atas keputusan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com