Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Kirim 30.000 Tentara ke Perbatasan Irak

Kompas.com - 03/07/2014, 16:38 WIB
RIYADH, KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi, Kamis (3/7/2014), mengerahkan 30.000 personel militernya ke perbatasan negeri itu dengan Irak setelah pasukan Irak ditarik mundur dari kawasan itu. Demikian dikabarkan saluran televisi Al-Arabiya.

Negara kaya minyak itu memiliki perbatasan darat sepanjang 800 kilometer dengan Irak, di mana kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) menguasai sebagian wilayah utara Irak dan baru saja memproklamirkan berdirinya sebuah Negara Islam baru.

Akibatnya, Raja Abdullah memerintahkan jajarannya untuk melakukan cara apapun untuk melindungi kerajaan itu dari potensi ancaman teroris. Apalagi setelah pasukan pemerintah Irak meninggalkan wilayah itu membuat perbatasan dengan Arab Saudi dan Suriah tak terjaga.

Stasiun televisi Al-Arabiya menambahkan telah mendapatkan sebuah video yang menampilkan 2.500 prajurit Irak berada di wilayah gurun sebelah timur kota Karbala, setelah ditarik dari perbatasan.

Seorang perwira yang muncul dalam video itu mengatakan para prajurit diperintahkan mundur tanpa alasan apapun. Namun, keaslian rekaman itu belum dapat diverifikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com