Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan AS Ditangkap karena Mendukung ISIS

Kompas.com - 03/07/2014, 15:52 WIB
DENVER, KOMPAS.com — Aparat keamanan federal AS di kota Denver telah menangkap seorang perempuan yang dituduh menyediakan materi pendukung untuk militan Islam yang memerangi Pemerintah Suriah dan Irak.

Perempuan itu, lanjut aparat keamanan, juga melakukan konspirasi untuk melakukan serangan terhadap Amerika Serikat. Demikian penjelasan sejumlah pejabat, Rabu (2/7/2014).

Berdasarkan catatan kriminal di pengadilan distrik AS di negara bagian Colorado, Shannon Maureen Conley memahami bahwa Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) masuk ke dalam daftar organisasi teroris luar negeri. Akhir pekan lalu, ISIS mengubah namanya menjadi "Negara Islam".

Menurut catatan itu, Maureen menemui rekan konspiratornya, yang dalam catatan pengadilan hanya disebut dengan inisial YM, lewat internet pada 2013.

"Maureen dan rekannya kemudian mendiskusikan pandangan mereka soal Islam dan membicarakan aksi kekerasan terhadap mereka yang non-Muslim. Dan, YM mengatakan Maureen adalah anggota aktif ISIS," demikian catatan pengadilan.

Catatan pengadilan menambahkan, Maureen sudah berencana untuk berangkat ke Suriah lewat Turki untuk bertemu YM. Pada Februari tahun ini, Maureen bahkan ikut serta dalam pelatihan taktik dan persenjataan militer di Texas.

Masih menurut catatan pengadilan, Maureen mengikuti pelatihan militer itu adalah untuk mendapatkan keterampilan demi membantu para pejuang ISIS. YM juga mengatakan, Maureen juga bisa diterjunkan dalam pertempuran bila diperlukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com