Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Diduga Kuat Kirim Jet Tempur ke Irak

Kompas.com - 02/07/2014, 21:27 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Sejumlah bukti menunjukkan pemerintah Iran memasok jet tempur ke Irak untuk membantu mengatasi serangan pemberontak Sunni pimpinan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Rusia memasok pengiriman pendahuluan pesawat hanya beberapa hari lalu, kata wartawan BBC Jonathan Marcus. Tetapi pengamat di Institut Internasional Kajian Strategis (IISS) di London mengatakan pengiriman berikutnya pada tanggal 1 Juli berasal dari Iran.

Joseph Dempsey, seorang pengamat untuk Military Balance terbitan IISS meneliti video pesawat yang dirilis pemerintah Irak.

Dia mengatakan kepada BBC bahwa sebagian dari pesawat jet "Frogfoot" Sukhoi Su-25, yang beroperasi di Irak memang berasal dari Iran.

"Berdasarkan analisis gambar. Ini adalah kesimpulan yang paling masuk akal. Tanda-tanda, angka seri dan kamuflase semuanya sesuai dengan apa yang diketahui sebagai bagian dari armada Iran," kata Dempsey.

Jika kesimpulan ini benar berarti Amerika Serikat - yang juga mengirim pesawat ke Irak - mewujudkan kerja sama dengan Iran dalam konflik di Irak.

AS menempatkan pesawat tak berawak dan helikopter ke Irak di samping secara aktif mengumpulkan intelijen tentang pergerakan Negara Islam di Irak dan Levant (ISIS). Washington juga memasok angkatan udara Irak dengan peluru kendali Hellfire.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com