Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telepon "Kuno" Selamatkan Nyawa Pria Tiongkok

Kompas.com - 02/07/2014, 09:39 WIB

TAICHUNG, KOMPAS.COM - Di zaman hampir semua orang punya telepon pintar ini, telepon seluler lama sudah dianggap sebagai barang kuno yang tak berguna. Namun, nyawa seorang pria Taiwan bisa diselamatkan berkat telepon kunonya.

Portal berita chinanews.com, seperti dikutip laman Global Times, menyebutkan, pria bernama Liu (70) itu terjatuh ke dalam jurang saat berjalan-jalan di kawasan pegunungan dekat Taichung, Taiwan barat. Telepon selulernya, sebuah Nokia yang sudah berumur satu dekade, tak bisa digunakan untuk menelepon lagi setelah terjatuh itu.

Namun, telepon itu masih menyala dan bisa memancarkan sinyal selama Liu terjebak di dasar jurang. Tim pencari yang beranggotakan 250 polisi kemudian mencari Liu dengan melacak sinyal telepon itu. Untunglah teknologi ”rendah” telepon itu membuat baterainya awet sehingga polisi masih bisa melacak keberadaan Liu hingga hari kelima.

”Telepon kunoku menyelamatkan hidupku,” ujar Liu setelah dapat diselamatkan. Coba dia membawa telepon pintar zaman sekarang yang bisa minta dicas ulang dua kali sehari.... (DHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com