Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Saudi Bertekad Berantas Terorisme Berkedok Agama

Kompas.com - 29/06/2014, 04:54 WIB
RIYADH, KOMPAS.com - Dalam pesan Ramadhannya, Raja Arab Saudi Abdullah, Sabtu (28/6/2014), bertekad untuk menghancurkan kelompok militan yang mengancam kerajaan itu.

Raja Abdullah menambahkan, pemerintahannya tidak akan memberi toleransi untuk kelompok-kelompok teroris di negeri itu.

"Kami tidak akan membiarkan sekelompok teroris berkedok agama menyembunyikan kepentingan pribadi mereka untuk meneror umat Muslim, merusak tanah air kita atau rakyat negeri ini," kata Abdullah dalam pesan awal Ramadhan.

Pesan Raja Abdullah ini datang dua hari setelah pemerintah Arab Saudi menyatakan bakal menggunakan segala cara untuk melindungi negeri itu dari ancaman teroris, hasil dari konflik di Irak.

Di masa lalu pemerintah Arab Saudi sudah menghancurkan Al-Qaeda setelah kelompok militan itu memulai kampanye pengeboman dan serangan terhadap instalasi vital dan permukiman warga asing di kerajaan kaya minyak itu.

Arab Saudi merasa khawatir dengan gerak maju Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di negeri tetangganya Irak yang sejauh ini berhasil menguasai sebagian besar wilayah utara Irak.

Kekhawatiran Arab Saudi itu wajar sebab negeri kerajaan itu memiliki perbatasan darat sepanjang 800 kilometer dengan Irak. Sehingga, pengaruh kisruh Irak sangat mungkin merembes ke negeri itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com