Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al-Shabab Serang Basis Pasukan Uni Afrika

Kompas.com - 26/06/2014, 17:05 WIB
MOGADISHU, KOMPAS.com — Pasukan komando kelompok militan Al-Shabab, Kamis (26/6/2014), menyerang sebuah basis pasukan Uni Afrika di wilayah tengah Somalia dengan menyamar sebagai pasukan pemerintah.

Serangan Al-Shabab itu menewaskan setidaknya dua orang prajurit Uni Afrika asal Djibouti. Demikian keterangan dari pasukan Uni Afrika.

Juru bicara Al-Shabab Abdulaziz Abu Musab mengatakan, pasukan Al-Shabab menyerang sebuah hotel yang digunakan sebagai markas pasukan Djibouti di kota Bulla Burde, sekitar 200 kilometer sebelah utara ibu kota Mogadishu.

"Markas Uni Afrika kami serang dan serangan seperti ini akan terus berlanjut," kata Musab sambil menambahkan, pasukannya berhasil menewaskan enam tentara Uni Afrika.

Namun, juru bicara misi Uni Afrika di Somalia (AMISOM), Elio Yao, membantah klaim Al-Shabab itu. Dia mengatakan, para penyerang tak berhasil masuk ke dalam markas meski berhasil menewaskan dua prajurit Djibouti. "Dua anggota Al-Shabab yang mengenakan seragam militer juga tewas," ujar Elio Yao.

Serangan ini merupakan aksi terbaru Al-Shabab yang melancarkan balasan terhadap serangan pasukan Uni Afrika yang mengusir mereka dari sejumlah kota yang pernah mereka kuasai sebelumnya.

Setelah mundur dari ibu kota Mogadishu hampir tiga tahun lalu, Al-Shabab sudah kehilangan sebagian besar kota besar akibat tindakan ofensif pasukan Uni Afrika dan Somalia. Meski demikian, pasukan Al-Shabab masih melakukan serangan gerilya ke posisi-posisi pasukan Uni Afrika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com