Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Qaeda Serbu Sebuah Bandara di Yaman, 3 Tewas

Kompas.com - 26/06/2014, 16:30 WIB
ADEN, KOMPAS.com — Sekelompok orang bersenjata yang diduga kelompok Al Qaeda, Kamis (26/6/2014), menyerbu sebuah bandara di kota Sayun, di provinsi Hadramaut, wilayah tenggara negeri itu, menewaskan tiga tentara.

Para penyerang menembak mati para tentara itu di pintu masuk bandara internasional tersebut, yang juga digunakan sebagai pangkalan AU Yaman. Para penyerang kemudian berhasil menguasai sejumlah fasilitas bandara, termasuk menara pengawas.

Serangan ini terjadi hanya beberapa jam setelah pasukan Yaman menahan sejumlah tersangka anggota kelompok militan di kota yang sama, yang selama ini dikenal sebagai salah satu basis terkuat Al Qaeda Semenanjung Arabia (AQAP).

Wilayah Hadramaut yang dipenuhi pegunungan menjadi lokasi yang ideal bagi persembunyian kelompok AQAP yang dianggap Washington sebagai kelompok afiliasi Al Qaeda yang paling berbahaya.

AQAP mengambil keuntungan di tengah ambruknya pemerintahan Yaman selama revolusi 2011 yang menggulingkan Presiden Ali Abdullah Saleh yang berkuasa selama lebih dari 30 tahun.

Kekosongan kekuasaan di Sanaa itu dimanfaatkan AQAP untuk mencaplok wilayah yang cukup luas di kawasan selatan dan timut Yaman.

Pada akhir April lalu, angkatan bersenjata Yaman menggelar operasi militer besar-besaran di provinsi Shabwa dan Abyan, keduanya di wilayah selatan Yaman, sebagai upaya untuk memberantas Al Qaeda yang menguasai wilayah tersebut sejak 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com