Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toko "Online" Bertema ISIS Bermunculan di Indonesia

Kompas.com - 24/06/2014, 21:30 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Saat gerak maju pasukan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Irak semakin mengkhawatirkan sejumlah pihak, ternyata di belahan dunia lain sekelompok orang berusaha mencari keuntungan dari "ketenaran" ISIS ini.

Di Indonesia, ternyata banyak situs toko dunia maya yang menjual kaus, penutup wajah dan topi dengan gambar, lambang dan slogan-slogan ISIS.

Salah satu toko online itu adalah Zirah Moslem yang akun Facebook-nya mendapatkan 9.000 tanda jempol dan melakukan kontak reguler dengan para pengguna lamannya.

Zirah Moslem yang menempatkan pesanan barang di bawah foto yang mereka unggah, mendapatkan pembeli tanpa perlu mengungkap jati diri mereka.

Dalam akun Facebook-nya, Zirah Moslem menggambarkan dirinya sebagai penjual "gaya Islami". Mereka juga menjual berbagai pakaian dengan gambar atau tulisan dari kelompok-kelompok militan lain seperti Hamas, Taliban dan Front Al-Nusra.

Salah satu desain kaus yang dijual menampilkan gambar beberapa pria dengan pakaian khas Timur Tengah dilengkapi tulisan "Mujahideen For Life" atau "United We Stand".

Foto lain yang diunggah di dunia maya menampilkan berbagai kaus dengan gambar ISIS yang terlihat digantung di dalam sebuah toko.

Foto itu diambil di Turki lalu disebarkan lewat Twitter dengan keterangan foto: "Jika Anda kebingungan dengan pakaian yang akan dipakai pada musim panas ini...kunjungi toko ISIS di Istanbul."

Beberapa toko online yang menjual benda-benda terkait ISIS di Indonesia selain Zirah Moslem antara lain Kavkaz Struggl dan Rezji Islamic Clothing dan Shop.

Kedua toko ini menjual kaus, sweater, topi hingga boneka bertemakan slogan atau pejuang ISIS. Namun, sejauh ini tidak diketahui seberapa banyak barang yang berhasil dijual ketiga toko online tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com