Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Tarik Resolusi Pengiriman Pasukan ke Ukraina

Kompas.com - 24/06/2014, 19:59 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin, Selasa (24/6/2014), telah meminta majelis tinggi parlemen untuk mencabut resolusi yang mengizinkan Putin mengirimkan pasukan ke Ukraina.

"Sebagai upaya normalisasi keadaan dan menyelesaikan masalah di wilayah timur Ukraina dan terkait dengan dimulainya negosiasi tiga negara, sebuah permintaan sudah dikirim ke Dewan Federal untuk membatalkan resolusi," demikian juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov.

Wakil Ketua komite urusan luar negeri Dewan Federal Rusia, Andrei Klimov mengatakan pihaknya akan mendukung penarikan resolusi itu dalam sebuah voting pada Rabu (25/6/2014).

Pada 1 Maret lalu para senator Rusia memberikan izin bagi Putin untuk mengirimkan pasukan ke Ukraina menyusul tergulingnya Presiden Viktor Yanukovych yang pro-Rusia. Alasan pemberian izin untuk mengirim pasukan itu berdasarkan asumsi bahwa penduduk berbahasa Rusia di Ukraina berada dalam bahaya.

Kekhawatiran akan invasi militer Rusia sejak saat itu terus memuncak. Bahkan pekan lalu NATO menuding Moskwa menggelar lebih banyak pasukan di dekat perbatasan Ukraina. Sementara PBB menegaskan tidak akan menerima penggunaan militer Rusia di Ukraina dengan alasan apapun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com