Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prajurit Korsel Tembaki Rekan-rekannya, 5 Tewas

Kompas.com - 22/06/2014, 01:38 WIB
SEOUL, KOMPAS.com - Seorang prajurit Korea Selatan menembak mati lima rekannya di sebuah pos penjagaan di dekat perbatasan dengan Korea Utara.

Prajurit yang juga melukai lima orang lainnya itu kini kabur dengan membawa senjata. AD Korea Selatan kini sedang melakukan pengejaran.

Penembakan itu terjadi di sebuah pos penjagan di Goseong, sekitar  330 kilometer sebelah timur laut ibu kota Seoul, Sabtu (21/6/2014).

Pos penjagaan tempat insiden ini terjadi terletak di dekat zona demiliterisasi (DMZ), sebuah zona penyangga di sepanjang perbatasan kedua Korea, yang dikenal sebagai perbatasan terakhir Perang Dingin.

"Prajurit itu menembak mati lima rekannya dan melukai lima prajurit lain. Kemudian dia kabur membawa senjata dan amunisi," kata seorang juru bicara militer Korea Selatan.

Sejauh ini tidak terdapat indikasi keterlibatan Korea Utara dalam insiden tersebut, meski ketegangan terus terjadi di antara kedua negara itu.

Kejadian penembakan seperti ini sudah beberapa kali terjadi. Tahun lalu, prajurit Korea Selatan menembak mati seorang pria yang mereka duga mencoba menyeberangi perbatasan menuju wilayah Korea Utara.

Lalu pada 2011, seorang kopral marinir Korsel berusia 19 tahun menembak membabi buta di pangkalan militer Pulau Gwanghwa, yang terletak di sebelah selatan perbatasan laut kedua Korea.

Dan pada 2005, seorang prajurit melemparkan granat dan menembaki sebuah unit angkatan darat yang menewaskan delapan orang dan melukai beberapa orang lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com