Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Rusia di Pegunungan Ural Siaga Perang

Kompas.com - 22/06/2014, 01:23 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin, Sabtu (21/6/2014), memerintahkan pasukan Rusia di wilayah tengah negeri itu siaga perang dan menggelar latihan lintas udara. Perintah ini dikeluarkan sehari setelah Ukraina memerintahkan gencatan senjata dengan pasukan milisi pro-Rusia.

Perintah siaga perang itu meliputi distrik militer wilayah tengah yang trmasuk kawasan Volga dan pegunungan Ural, namun tidak mencapai wilayah Rusia barat yang berbatasan dengan Ukraina.

Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu mengatakan perintah siaga perang ini berlaku selama sepekan hingga Sabtu mendatang.

"65.000 prajurit terlibat dalam latihan perang yang berbarengan dengan perintah siaga perang ini," kata Kepala Staf Militer Rusia, Jenderal Valery Gerasimov.

Selain itu, lanjut Gerasimov, beberapa ribu pasukan anggota divisi lintas udara akan dipindahkan dari sebuah kota yang terletak 200 kilometer sebelah timur Moskwa ke pegunungan Ural.

Sementara itu, Presiden Ukraina Petro Poroshenko, Jumat (20/6/2014), memerintahkan pasukannya menghentikan sementara operasi militer selama sepekan sebagai langkah awal sebuah rancana perdamaian yang diharapkan bisa mengakhiri pertempuran yang sudah menewaskan ratusan orang itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com