Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Direktur Perusahaan Pemilik Feri Sewol Diadili

Kompas.com - 20/06/2014, 19:24 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Pemimpin perusahaan kapal feri Sewol yang karam di Korea Selatan April lalu, hadir di pengadilan, Jumat (20/6/2014).

Pemimpin Chonghaejin Marine, Kim Han-sik (73) dan empat pegawainya didakwa mengabaikan laporan-laporan bahwa perusahaan itu berulang kali telah mengisi kapal feri itu lebih dari kapasitasnya.

Pengadilan terhadap kapten dan 14 awak kapal lain berlangsung terpisah sejak pekan lalu dengan berbagai dakwaan berkaitan dengan kegagalan membantu menyelamatkan para penumpang.

Setidaknya 292 orang, kebanyakan pelajar, tewas dalam tragedi 16 April. Musibah feri di  Korea Selatan ini memicu kemarahan publik sehingga muncul seruan agar hukuman berat dijatuhkan kepada para awak kapal.

Sebagian pengamat meramalkan, para tersangka akan sulit mendapatkan pengadilan yang adil karena liputan media massa yang meluas.

Sementara itu Yoo Byung-eun, yang memiliki perusahaan feri itu lewat perusahaan induk, masih buron hingga saat ini. Bulan lalu ia menolak panggilan resmi pihak berwenang dan menjadi target operasi pencarian besar-besaran.

Beberapa bulan setelah feri tenggelam, regu penyelam terus berusaha untuk menemukan 12 orang masih hilang. Namun belum ada jenazah baru yang ditemukan dalam pencarian di bawah laut terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com