Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulama Syiah Ajak Warga Irak Kalahkan ISIS

Kompas.com - 20/06/2014, 19:14 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com - Seorang ulama ternama Syiah Irak, Ayatollah Ali al-Sistani, Jumat (20/6/2014), kembali menyerukan agar gerak maju kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) segera dihentikan sebelum terlambat.

"Jika ISIS tidak diperangi dan diusir dari Irak, maka semua orang akan menyesalinya kemudian," kata juru bicara Al-Sistani, Abdul Mehdi al-Karbalai, di kota suci Karbala.

Al-Karbalai mengatakan warga Irak dari berbagai agama dan komunitas harus bersama-sama memerangi kelompok-kelompok militan yang dipimpin ISIS dan kelompok yang loyal kepada mendiang Saddam Hussein.

Dalam pidato yang disiarkan televisi itu, Al-Karbalai mengingatkan seruan Al-Sistani yang mengajak warga Irak bergabung dengan militer adalah untuk semua warga Irak dari semua agama dan latar belakang.

"Tujuannya jelas yaitu bersiap menghadapi kelompok militan ISIS yang saat ini sudah menguasai beberapa provinsi," tambah Al-Karbalai.

Kelompok militan sudah menguasai sebagian besar wilayah satu provinsi dan menduduki sebagian wilayah tiga provinsi lainnya sebagai hasil serangan kilat yang dimulai pekan lalu.

Beberapa tempat yang dikuasai kelompok militan termasuk kota-kota besar seperti Mosul dan Tikrit. Kini kelompok militan itu sedang berusaha maju dan menguasai Baghdad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com