Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepolisian Kenya Tahan Tersangka Penyerangan Kota Pesisir

Kompas.com - 18/06/2014, 19:46 WIB
NAIROBI, KOMPAS.com — Kepolisian Kenya, Rabu (18/6/2014), mengatakan, telah menahan sejumlah tersangka yang terkait dua serangan di kawasan pesisir negeri itu yang menewaskan sedikitnya 60 orang.

"Kami sudah menahan sejumlah tersangka dalam serangan di kota Mpeketoni, termasuk pemilik dan pengemudi mobil yang digunakan para penyerang," kata Kepala Kepolisian Kenya David Kimaiyo.

"Para tersangka lain termasuk para pemimpinnya saat ini masih dalam proses pemeriksaan," lanjut Kimaiyo.

Selain menahan sejumlah tersangka, lanjut Kimaiyo, kepala kepolisian kota Mpeketoni, Aden Ali, juga diberhentikan dari jabatannya dan akan segera diperiksa.

"Kami juga menahan seorang tersangka yang mengoperasikan sebuah akun media sosial yang digunakan Al-Shabab untuk menyatakan pertanggungjawaban," lanjut Kimaiyo.

Serangan terhadap kota pesisir Mpeketoni pada Minggu (15/6/2014) malam yang disusul serangan ke sebuah desa pada keesokan harinya itu sudah diklaim kelompok militan Al-Shabab sebagai aksinya.

Meski demikian, Presiden Kenya Uhuru Kenyatta justru menuding jaringan politisi lokal bersama dengan jejaring geng-geng kriminal Kenya sebagai dalang serangan brutal itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com