Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prangko Langka Abad Ke-19 Terjual Rp 113 Miliar

Kompas.com - 18/06/2014, 15:59 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Sebuah prangko peninggalan abad ke-19 yang sangat langka dari koloni Inggris di Amerika Selatan telah terjual 5,6 juta poundsterling atau sekitar Rp 113 miliar di sebuah rumah lelang di New York, AS.

Hanya memakan waktu sekitar dua menit, prangko terbitan British Guinea senilai 1 sen itu laku terjual kepada seorang penawar yang tidak diketahui identitasnya. Sebelumnya, prangko ini telah dijual tiga kali dan selalu memecahkan rekor penjualan sebuah prangko.

Prangko berwarna merah ini berukuran 2,5 x 3,2 sentimeter, dan tidak pernah dipamerkan untuk umum sejak 1986. Rumah lelang Sotheby di New York mengatakan, selain memecahkan rekor dunia, prangko ini juga memecahkan rekor paling mahal dari sisi berat dan ukuran.

"Setiap koleksi adalah benda paling penting, dan untuk prangko itu adalah prangko British Guinea," tulis Sotheby dalam situsnya, seraya menambahkan bahwa prangko tersebut merupakan yang "paling terkenal" dan "paling berharga" di dunia.

Prangko itu dicetak di atas selembar kertas merah, dengan gambar kapal dengan tiga tiang serta slogan negara koloni yang berbunyi, "Kami memberikan dan mengharap imbalan".

Menurut sejarah, prangko ini dibuat atas permintaan otoritas kantor pos di negara koloni Inggris tersebut karena pengiriman prangko "resmi" dari Inggris selalu terlambat datang ke wilayah itu.

Saat itu mereka mencetak tiga prangko, yaitu prangko merah dengan harga 1 sen, serta 4 sen dengan warna biru. Akan tetapi, diyakini hanya prangko seharga 1 sen yang masih ada hingga saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com