Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Terus Tangkapi Pimpinan Hamas di Tepi Barat

Kompas.com - 17/06/2014, 17:30 WIB
RAMALLAH, KOMPAS.com - Pasukan Israel, Selasa (17/6/2014), menahan lebih dari 40 orang anggota kelompok Hamas dalam upaya melemahkan kelompok itu bersamaan dengan operasi pencarian tiga remaja yang hilang di Tepi Barat.

Pemerintah Israel menuding Hamas menculik tiga remaja pelajar seminari Yahudi, yang hilang sejak Kamis pekan lalu. Hamas, yang tak pernah mengakui keberadaan Israel, sejauh ini tidak membantah atau mengaku bertanggung jawab atas hilangnya tiga remaja itu.

Sejak menghilangnya Gil-Ad Shaer dan Naftali Fraenkel, yang berpaspor Israel-AS serta Eyak Yifrah, aparat keamanan Israel melakukan pencarian dari rumah ke rumah di kota Hebron, basis terkuat Hamas di Tepi Barat.

"Kami sedang berusaha melumpuhkan Hamas," kata Naftali Bennett, seorang anggota sayap kanan kabinet PM Benyamin Netanyahu.

Sementara itu, Kementerian Informasi Palestina menuduh Israel melakukan penghukuman massal terhadap Palestina di wilayah tersebut.

Militer Israel mengatakan sepanjang Senin malam telah menahan 41 para pimpinan Hamas, yang membuat total orang yang ditahan menjadi 200 orang sejak pekan lalu.

Presdien Palestina Mahmoud Abbas, yang pada April lalu menandatangani perjanjian sebuah pemerintahan bersama dengan Hamas, mengecam baik penculikan maupun penangkapan yang dilakukan Israel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com