Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Tal Afar Jatuh, ISIS Semakin Dekat ke Baghdad

Kompas.com - 17/06/2014, 14:55 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com — Setelah terlibat pertempuran selama dua hari dengan pasukan Pemerintah Irak, para pejuang negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Selasa (17/6/2014), akhirnya bisa menguasai kota Tal Afar yang terletak di sebelah utara ibu kota Baghdad.

Dengan jatuhnya Tal Afar, berarti ISIS sudah menduduki tiga kota penting di wilayah utara Irak dalam jangka waktu hanya satu pekan. Sebelumnya, kota Mosul dan Tikrit juga jatuh ke tangan ISIS.

Jatuhnya Tal Afar, kota dengan penduduk campuran antara pemeluk Syiah dan Sunni itu, menjadi pukulan telak bagi Pemerintah Irak yang berusaha untuk mengendalikan kembali wilayah utara dan tengah negeri itu.

Pemerintah Irak kemudian mengirim paramiliter Syiah dan para sukarelawan ke kota yang berjarak hanya sekitar 96 kilometer dari Baghdad itu untuk memperlambat gerak maju ISIS.

Tampaknya, upaya Pemerintah Irak untuk menghambat ISIS membuahkan hasil sehingga kelompok itu tampaknya tak mungkin mengulangi perang kilat saat mereka merebut Mosul dan Tikrit.

Sementara itu, nasib sekitar 2.000 personel militer Irak yang ditangkap ISIS di Tikrit belum jelas. ISIS mengklaim telah membunuh 1.700 tentara Irak, tetapi berbagai foto dan video menampilkan hanya sekitar 50-an orang tentara yang dieksekusi ISIS.

Akibat serangan ISIS ini, diperkirakan lebih dari 700.000 penduduk melarikan diri ke kota-kota Kurdi di sebelah utara.

Sementara itu, warga yang bertahan di Mosul atau Tikrit melarang para perempuan untuk meninggalkan rumah di beberapa wilayah, dan pajak dikenakan untuk warga minoritas kota itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com