Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus Akhirnya Singkirkan "Popemobile"

Kompas.com - 16/06/2014, 18:01 WIB
VATICAN CITY, KOMPAS.com - Paus Fransiskus, Minggu (15/6/2014), mengumumkan dia tak akan lagi menggunakan mobil antipeluru atau lebih dikenal dengan nama "Popemobile". Dia mengatakan dalam usianya saat ini, dia merasa tak lagi mengkhawatirkan apapun.

Benar, apapun bisa terjadi tapi mari kita hadapi saja. Dalam usia sekarang ini, saya merasa tak kehilangan apapun," kata Fransiskus yang kini berusia 77 tahun itu.

"Popemobile" pertama kali digunakan setelah percobaan pembunuhan terhadap Paus Yohanes Paulus II, yang dilakukan oleh Mehmet Ali Agca di Lapangan Santi Petrus pada Mei 1981. Tembakan pria asal Turki itu sempat mengenai Paus sebanyak empat kali.

Kepada sebuah harian Spanyol yang mewawancarainya, Paus Fransiskus mengatakan dengan mobil yang disebutnya "kaleng sarden" itu dia tidak bisa secara efektif berinteraksi dengan umatnya.

Sejak menduduki Tahta Suci, Paus Fransiskus yang dikenal sangat membumi, sudah menolak penggunaan mobil antipeluru itu. Tak jarang Paus Fransiskus menggunakan mobil biasa dalam berbagai kunjungannya.

Salah satunya adalah saat berkunjung ke Brasil, Paus Fransiskus menggunakan sebuah mobil Fiat kecil dari bandara hingga ke pusat kota Rio de Janeiro.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com