Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari 3 Remaja yang Hilang, Israel Tahan Ketua Parlemen Palestina

Kompas.com - 16/06/2014, 17:28 WIB
JERUSALEM, KOMPAS.com - Pasukan Israel,  telah menahan ketua parlemen Palestina yang juga anggota Hamas, Aziz Dweik dalam rangkaian penahanan terkait pencarian tiga remaja yang diculik di Tepi Barat.

Dalam pernyataan resmi yang dirilis Senin (16/6/2014), angkatan bersenjata Israel mengatakan lebih dari 40 tersangka di Tepi Barat, termasuk pemimpin dan aktivis Hamas, ditahan menambah jumlah tersangka yang ditahan mencapai 150 orang.

Juru bicara Klub Tahanan Palestina di Ramallah, Amani Sarahna, mengatakan 60 orang hanya ditahan semalam namun gelombang penangkapan masih terus terjadi di kota Hebron, di wilayah selatan Tepi Barat.

Sementara itu, PM Israel Benyamin Netanyahu menuding kelompok Hamas berada di balik penculikan ketiga remaja yang satu di antaranya berkewarganegaraan AS itu tiga hari lalu.

Hamas membantah terlibat dalam hilangnya ketiga remaja itu, meski beberapa anggota kelompok itu menyambut baik penculikan ketiga remaja tersebut.

Di tengah situasi yang semakin tegang di Tepi Barat, militer Israel membanjiri Hebron dengan ribuan tentara tambahan, mengerahkan unit-unit anti-roket di dua kota wilayah selatan dan memanggil ratusan pasukan cadangan.

Pasukan Israel menyisir desa-desa di sekitar Hebrin dan secara efektif telah menutup kota tersebut. Pasukan payung diperintahkan untuk mendirikan perkemahan di sekeliling Hebron dan balon pengintai diluncurkan.

Di desa Beit Einoun, prajurit Israel memeriksa balkon dan kamar-kamar kediaman penduduk sementara warga hanya bisa melihat tanpa bisa berbuat apa-apa.

Penculikan ketiga remaja itu, dan besarnya operasi yang digelar untuk mencari ketiga orang tersebut, adalah salah satu insiden keamanan paling serius di Israel selama beberapa tahun terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com