Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembicaraan Gabungnya Turki ke Uni Eropa Kembali Digelar

Kompas.com - 15/06/2014, 17:53 WIB

BRUSSELS, KOMPAS.com - Komisi Perluasan Uni Eropa yang dipimpin Stefan Fule akan kembali menggelar pembicaraan baru dengan Turki, menyusul keinginan negara tersebut untuk bergabung dengan 28 negara lain dalam Uni Eropa.

Sebagaimana dikutip dari AFP, Minggu (15/6/2014) Komisi tersebut dijadwalkan akan bertemu pejabat senior Turki pada Senin dan Selasa besok, termasuk dengan Presiden dan Menteri Luar Negeri, Menteri Kehakiman dan Kepala Mahkamah Konstitusi Turki.

Selain bertemu dengan pejabat tinggi Turki, Komisi Perluasan UE juga akan bertemu kelompok kerja keanggotaan Uni Eropa Turki. Kelompok kerja ini bertugas melakukan kajian atas reformasi di Turki, yang diperlukan sebelum bergabung Uni Eropa.

Turki sebelumnya telah memulai pembicaraan untuk bergabung dengan Uni Eropa pada tahun 2005, namun pembicaraan awal tidak ada kemajuan yang berarti. Saat itu pihak Turki berang dengan Uni Eropa yang terus mendengungkan isu hak asasi manusia.

Negosiasi sempat dilanjutkan akhir tahun setelah tiga tahun dihentikan. Akan tetapi, skandal korupsi yang melibatkan Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan dan meletusnya protes anti-pemerintah telah menimbulkan kekhawatiran baru bagi Uni Eropa.

Untuk meredam aksi protes, pemerintah Turki mengambil tindakan keras. Namun, Uni Eropa memperingatkan bahwa negara manapun yang bernegosiasi untuk bergabung di Uni Eropa harus menjamin hak asasi manusia, termasuk kebebasan berkumpul dan berserikat bagi warganya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com