Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brasil Menang, Presiden Diguncang

Kompas.com - 15/06/2014, 06:07 WIB
KOMPAS.com — Boleh saja Tim Nasional (Timnas) Brasil melumat Kroasia 3-1 pada laga perdana Piala Dunia di Rio de Janeiro, Jumat (13/6/2014). Namun, seusai kemenangan itu, Presiden Brasil Dilma Rousseff diguncang kelompok oposisi.

Sehari setelah kemenangan itu, seteru politik Rousseff, Aecio Neves, resmi menggelar kampanye kepresidenan di Sao Paulo. Memang, pada Oktober nanti, Brasil menyelenggarakan pemilihan umum presiden (pilpres). Kampanye itu bertajuk "Perubahan di Brasil".

Neves dalam kampanye itu menawarkan pertumbuhan ekonomi, mengurangi inflasi, dan membenahi pelayanan umum. Selama ini, Brasil penuh dengan unjuk rasa menentang kurangnya perhatian pemerintah terhadap hal-hal seperti itu.

Aecio Neves, pria berusia 54 tahun itu, mendapat dukungan dari Fernando Henrique Cardozo, mantan Presiden Brasil periode 1995-2003. Sejauh ini, Rousseff masih unggul dalam jajak pendapat.

Terkait jajak pendapat, Dilma Rousseff mendapat angka 38 persen dukungan versi lembaga Ibope. Angka ini turun dua persen ketimbang hasil pada Maret.

Sementara itu, Neves mengantongi angka 22 persen dalam jajak pendapat itu. Namun, perolehan itu menunjukkan Neves unggul dua persen dari hasil pada Maret lalu.

Lawan Rousseff lainnya adalah Eduardo Campos. Pada jajak pendapat itu, ia mengumpulkan poin 13 persen atau naik dua persen andai dibandingkan pada Maret.

Di Brasil, tulis AP,  pilpres akan berlangsung pada 5 Oktober 2014. Jika tak ada kandidat yang mengantongi 50 persen suara, pilpres ulang akan dihelat pada 26 Okotober 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com