Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Airlines Bayar Kompensasi untuk Keluarga Penumpang MH370

Kompas.com - 12/06/2014, 18:13 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Malaysia Airlines, Kamis (12/6/2014), mulai membayarkan uang kompensasi tahap pertama untuk keluarga penumpang penerbangan MH370 yang hilang masing-masing sebesar 50.000 dolar AS atau hampir Rp 590 juta.

Sejauh ini enam keluarga asal Malaysia dan satu asal China menerima uang kompensasi yang akan diberikan untuk seluruh ke-239 penumpang dan awak pesawat. Demikian Wakil Menlu Malaysia Hamzah Zainudin.

Hamzah yang mengetuai komite untuk mendukung kerabat penumpang yang hilang mengatakan sejauh ini pembicaraan dengan lebih dari 40 keluarga penumpang asal China masih berlangsung.

Pembayaran kompenasasi secara penuh, yang bisa berjumlah tiga kali lipat dari pembayaran awal ini, akan dilakukan jika kasus hilangnya MH370 dinyatakan selesai.

"Saat kita berbicara soal kompensasi penuh, kami harus menunggu hingga isu tragedi MH370 ini dinyatakan berakhir, apakah pesawat itu ditemukan atau kami umumkan pesawat itu hilang," kata Hamzah.

Dan, lanjut dia, pemerintah Malaysia belum akan memberikan status pesawat hilang untuk MH370 dalam waktu dekat ini.

Keluarga penumpang, sesuai dengan aturan Organisasi Penerbangan Sipil Interasional (ICAO) bisa mengklaim kompensasi hingga 175.000 dolar AS, apapun penyebab kecelakaan sebuah pesawat terbang.

Sementara itu, pemerintah Malaysia dan Australia mengatakan tidak akan menyerang dalam upaya pencarian MH370 yang diduga kuat jatuh di Samudra Hindia yang luas.

Namun, kerabat penumpang yang marah telah meluncurkan kampanye di dunia maya untuk mengumpulkan dana sebesar 5 juta dolar untuk diberikan kepada siapa pun yang bisa mengungkap misteri hilangnya MH370.

Sejauh ini, kampanye itu sudah berhasil mengumpulkan dana sebesar 25.000 dolar atau hampir Rp 300 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com