Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Marah karena Ramalan Cuaca

Kompas.com - 12/06/2014, 10:32 WIB
Peramal cuaca Korea Utara dimarahi di depan umum oleh pemimpin negara itu, Kim Jong Un. Dia mengatakan "terlalu banyak ketidaktepatan ramalan" karena metode yang dipakai Badan Hidrometeorologi tidak "modern atau ilmiah", lapor koran pemerintah Rodong Sinmun.

Teguran saat apa yang disebut dengan "kunjungan bimbingan lapangan" ke kantor pusat ramalan cuaca tersebut juga disiarkan televisi pemerintah.

Pemimpin Korea Utara tersebut mengatakan, staf layanan cuaca harus "memperbaiki kinerja mereka secara mendasar" karena ramalan yang baik diperlukan untuk "melindungi kehidupan dan harta milik warga negara dari bencana gejala iklim yang tidak biasa", lapor surat kabar itu.

Kunjungan bimbingan, di mana pemimpin Korea Utara mendatangi pabrik, markas militer, atau tempat kerja agar Jong Un dapat memberikan nasihat, biasanya penuh dengan pujian.

Pemimpin negara biasanya terlihat tersenyum saat berfoto dengan para pekerja dan pejabat.

Pada sebuah kunjungan pabrik peluncur air baru-baru ini, Kim Jong Un mengatakan, pekerjaan ini menunjukkan "tidak ada yang tidak mungkin" di Korea Utara.

Kritik terhadap pejabat saat lawatan sejenis sangat jarang terjadi.

Terakhir kali Jong Un mengeluarkan kecaman adalah pada Mei 2012 karena kecewa saat mengunjungi taman wisata di Pyongyang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com