Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Siap Bantu Irak Melawan Militan ISIS

Kompas.com - 12/06/2014, 08:55 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.COM - Amerika Serikat menegaskan siap untuk membantu Irak dalam menghadapi kelompok militan ISIS. Kementrian Luar Negeri AS, Rabu (11/6/2014), mengatakan sudah melakukan kontak dengan pemerintah Irak dan Turki serta siap menawarkan bantuan apapun.

Sementara itu Iran, yang merupakan sekutu pemerintah Irak yang didominasi kelompok Syiah, mendesak agar dunia internasional mengambil tindakan atas kelompok militan di Irak yang berhasil merebut Mosul, ibukota Provinsi Nineveh, dari pasukan pemerintah Bagdad.

Seorang juru bicara Kementrian Luar Negeri Iran mengatakan bahwa beberapa kelompok dan negara mendukung yang disebutnya sebagai teroris.

Dia menambahkan kerjasama antar negara dan organisasi internasional kini amat diperlukan.

Sedangkan Turki mengatakan akan mengambil tindakan tegas jika warganya yang ditahan militan di Mosul dilukai.

Militan ISIS menyerbu konsulat Turki dan menyandera 49 orang, termasuk pimpinan misi Turki di sana dan tiga orang anak. "Semua yang terlibat seharusnya tahu bahwa jika warga kami dilukai dengan cara apapun, maka mereka akan menjadi sasaran pembalasan yang keras," tegas Menteri Luar Negeri Turki, Ahmet Davutoglu.

Hanya sehari setelah merebut Mosul, para pejuang ISIS dilaporkan juga berhasil menguasai Tikrit, ibukota Provinsi Salaheddiine, yang merupakan kampung halaman mendiang Presiden Saddam Hussein.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com