Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Polisi Cari Pemilik Kapal Feri Korsel

Kompas.com - 11/06/2014, 14:41 WIB
SEOUL, KOMPAS.COM - Sedikitnya 4.000 polisi Korea Selatan kembali menggerebek kompleks Gereja Baptis Evangelis di daerah pinggiran Kota Seoul guna mencari Yoo Byung-eun, miliuner pemilik kapal feri Sewol yang tenggelam April lalu. Pria berusia 70-an tahun itu merupakan salah seorang pendiri gereja tersebut.

Para petugas, yang sebagian mengusung tameng dan pentungan, bergerak dari satu bangunan ke bangunan lain di kawasan seluas beberapa lapangan sepak bola tersebut.

Ratusan jemaah di lokasi memprotes kedatangan ribuan polisi. Beberapa orang membuntuti polisi, lainnya menyerukan slogan, ”Mari lawan polisi dan jaksa”.

Dalam penggerebekan itu, aparat menahan empat anggota gereja, tiga di antara mereka dicurigai membantu pelarian Yoo dan seorang lainnya karena menganggu upaya pencarian.

Penggerebekan kompleks gereja di Kota Anseong, 70 kilometer dari Seoul, merupakan aksi kedua polisi. Mereka melakukan tindakan serupa pada 21 Mei lalu dan hasilnya pun nihil.

Aksi hari ini ditempuh sehari setelah Presiden Korea Selatan Park Geun-hye mengatakan operasi pencarian Yoo yang berkepanjangan “tidak masuk akal”.

Yoo Byung-eun merupakan pemilih Chonghaejin Marine, perusahaan yang mengoperasikan kapal feri Sewol yang tenggelam pada April lalu sehingga menewaskan lebih dari 300 orang.

Yoo menghadapi tuntutan pemangkiran pajak, penggelapan dan keteledoran. Keberadaannya hingga kini belum diketahui meski polisi telah menawarkan hadiah 500.000 dollar AS atas informasi yang berujung pada penangkapannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com