Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Kota Beijing Gelar Kampanye Etika

Kompas.com - 10/06/2014, 22:00 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah kota di Beijing mulai Selasa (10/6/2014) menggelar kampanye untuk meningkatkan etika warga kota di tempat umum, misalnya  mencegah warga menerobos antrean atau mengemudikan kendaraan dalam keadaan mabuk.

Kampanye ini digalakkan di saat Beijing bersiap menjadi tuan rumah konferensi tingkat tinggi Asia Pasifik yang rencananya akan dihadiri oleh lebih 20 kepala negara, pada November mendatang.

Pernyataan yang dikeluarkan pemerintah kota Beijing menyebutkan kampanye ini untuk mendorong perilaku warga yang lebih baik atau lebih sopan di tempat-tempat umum, termasuk juga di transportasi publik.

Pemerintah Beijing sudah beberapa kali mengambil prakarsa semacam ini. Kampanye serupa digelar menjelang pelaksanaan Olimpiade Beijing pada 2008.

Ketika itu para pejabat kota Beijing mengatakan mereka tidak ingin melihat warga meludah atau buang sampah di sembarang tempat.

Pejabat Beijing, Han Longbin, mengatakan kampanye menjelang Olimpiade 2008 tersebut sudah efektif tapi masih ada warga yang "tidak menghentikan kendaraan mereka saat lampu merah menyala".

"Warga juga masih perlu diingatkan untuk antre secara rapi," kata Han Longbin, seperti dikutip harian South China Morning Post.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com