Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaringan Listrik Disabot, Yaman Gelap Gulita

Kompas.com - 10/06/2014, 18:58 WIB
SANAA, KOMPAS.com - Yaman gelap gulita setelah sekelompok orang bersenjata di Provinsi Marib, wilayah timur negeri itu, menyabot jaringan listrik utama. Demikian Kementerian Energi dan Kelistrikan Yaman mengatakan, Selasa (10/6/2014).

"Sebuah sabotase di kilometer 78, sebelah timur Sanaa, mengakibatkan hilangnya pasokan listrik di seluruh provinsi," kata juru bicara kementerian dikutip situs berita Kementerian Pertahanan Yaman.

Sementara itu, kantor berita Yaman, Saba, mengabarkan jalur pasokan listrik di Provinsi Marib itu sudah dua kali diserang.

Tim teknis langsung melakukan perbaikan setelah sabotase pertama. Namun, kelompok bersenjata kemudian menyabot jalur itu untuk kedua kalinya dan menghalangi tim teknis untuk melakukan perbaikan.

Serangan terhadap jalur listrik di Yaman kerap terjadi dan biasanya dilakukan milisi bersenjata suku-suku sebagai bentuk tekanan terhadap pemerintah untuk membebaskan rekan-rekan mereka yang ditahan.

Terputusnya pasokan listrik ini semakin mempersulit kehidupan rakyat Yaman yang sudah menderita kekurangan air bersih dan makanan.

Provinsi Marib dikenal sebagai basis Al-Qaeda Semenanjung Arab (AQAP), yang dianggap Amerika Serikat sebagai cabang Al-Qaeda yang paling berbahaya. Sejak 26 April lalu, basis-basis AQAP menjadi target operasi militer Yaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com